USB 3.0 Superspeed,teknologi terbaru USB

USB (Universal Serial Bus), Pertama kali Dikembangkan Tahun 1996 sebagai alat yang digunakan untuk koneksi antar komputer dan perangkat periferial yang praktis.Pada Saat itu koneksi yang digunakan masih merupkana koneksi serial dan paralel.dengan teknologi ini banyak peripheral dan device lain yang bias dikoneksikan ke dalam komputer. USB memiliki fitur plug n’ play dan juga mendukung “hot swapping”, fitur ini memungkinkan mencopot atau memasang device lain melalui konektor tersebut tanpa harus melakukan booting ulang,keunggulan lain dari USB adalah daya yang diperlukan sangat kecil dan tidak memerlukan daya tambahan lagi. USB versi 1.0 Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1996.banyak perusahaan besar yang berperan mengembangkan teknologi USB ini, yaitu Intel, Compaq, Digital, IBM, dan Northen Telecom,Intel dengan memproduksi UHCI host controller dan open software stack, Microsoft memproduksi USB software stack for Windows dan bersama National Semiconductor serta Compaq ikut merumuskan OHCI host controller. Philips memproduksi USB Audio yang pertama. Kesuksesan USB dicapai pada USB versi 2.0 yang diluncurkan pada April 2000 dan sudah berstandard USB-IF (Implementers Forum) dimana USB 2.0 ini hingga memiliki kemampuan transfer rate data sehingga 480 Mbit/s, jauh dibandingkan USB 1.0 yang hanya memiliki data transfer rate 12 Mbit/s., Dan berkat suplai listrik terintegrasi banyak perangkat seperti USB-flashdisk atau webcam tidak membutuhkan power-supply sendiri.pada tahun tahun 2001. Beberapa perusahaan besar ikut menggunakan USB 2.0,antara lain Hewlett-Packard, Intel Lucent (sekarang menjadi LSI Corporation), Microsoft, NEC, dan Philips. Satu-satunya kelemahan: Sekarang ini 480 MBit/detik (dalam prakteknya jarang di atas 300 MBit/detik) tidak lagi memadai. Karena itu tahun 2007 Intel menjanjikan USB 3.0 yang selesai November 2008.

USB3.0

Pada September 2007 di acara Intel Develper Forum dan baru USB,versi 3.0 diperkenalkan ,Keunggulan USB 3.0 ini adalah kecepatan yang tinggi,yaitu 5.0 Gbit/s,teknologi ini menggunakan Dual-simplex protocol melalui 4 kabel tambahan yang memisahkan signaling dari USB 2.0, sehingga mendapatkan total kecepatan 5.0 Gbit/s. Fitur lainya adalah sudah mendukung data transfer secara full duplex. Fitur power management membuat USB 3.0 bisa di-setting pada keadaan idle, sleep, dan suspend state. USB 3.0 versi 1.0- diresmikan  Dalam acara SuperSpeed Developer Conference,November 2008, Microsoft mengumumkan bahwa Windows 7 telah mendukung USB 3.0, Demikian pula pada Windows Vista, yang kemungkinan besar akan mendukung USB 3.0. Hingga saat ini, dukungan SuperSpeed untuk Windows XP masih belum diketahui Perbaikan USB 3.0 dari USB versi sebelumanya adalah tidak ada permasalahan panjang kabel tambahan lagi seperti yang ada di USB versi 2.0. Anda bisa menggunakan kabel USB tambahan sepanjang apapun yang Anda mau dan kecepatan tidak akan berubah.

BUS USB 3.0 mengalami banyak perubahan dan yang dapat dilihat pada penambahan BUS fisik yang ditambahkan secara paralel. Dalam USB 2.0 terdapat 4 wires (1 power, 1 ground, dan  1 pasang differensial) maka pada USB 3.0 ini menambahkan 4 wires lagi untuk dua pasang data signal extra(receive  dan transmit) sehingga total ada 8 koneksi wires dalam konektor cablingnya. adanya dua pasang wires extra ini untuk mendukung kebutuhan bandwidth tinggi dari SuperSpeed USB.

Pengembangan lain dari SuperSpeed USB tidak saja pada data rate yang jauh lebih tinggi, akan tetapi juga memperbaiki interaksi antara peranti dan host komputer. Sementara element inti arsitekture mewarisi dari pendahulunya, beberapa perubahan dibuat untuk mendukung pengaturan dual bus, dan beberapa perubahan lain dimaksudkan agar user bisa merasakan peningkatan yang terasa dibanding pendahulunya USB 2.0. Berikut adalah beberapa fitur dari USB 3.0.

  1. Transfer rate Data yang mencapai kecepatan 4,8 Gb/s
  2. Memiliki fitur management power yang lebih baik
  3. Data transfer full duplex
  4. backward compatible,kompatibel denagn perangkat USB 2.0

Usb 3.0 Connector

kabel usb 3.0

berbagai macam bentuk konektor kabel USB 3.0:

USB 3.0 Standard-A plug and receptacle (host connector, hampir mirip dengan USB 2.0 standard yang biasa kita temui dan gunakan untuk keperluan transfer data biasa)

USB 3.0 Standard-B plug and receptacle (untuk stationary peripherals: external HDD dan printer)

USB 3.0 Powered-B plug and receptacle (untuk menyediakan power bagi adaptor USB tanpa butuh power supply external)

USB 3.0 Micro-B plug and receptacle (small handheld devices)

USB 3.0 Micro-A plug (hanya untuk aplikasi On-The-Go (OTG))

USB 3.0 micro-AB receptacle (untuk fungsi host atau juga devices)

Port USB 3.0

Beberapa device yang telah support USB 3.0

MSI 890GXM-G65 Motherboard


Aviator-2 SuperSpeed USB 3.0 external 2.5-inch SSDs



Seagate BlackArmor PS110 hard drive


ASUS Eee Box, Home Theater PC

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s